Akademik


Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2012/2013
 







HEF         = 10 hari      HES   =  5 hari
13-25     =  Libur hari raya 
17           = HUT Prok. Kem.RI
19-20     = Idul Fitri 1433 H
 

HES     = 9 hari
HEF     = 8 hari
9-11= MOS
19-21   = Libur Permulaan Puasa
 


September 2012
Minggu

2
9
16
23
30
Senin

3
10
17
24

Selasa

4
11
18
25

Rabu

5
12
19
26

Kamis

6
13
20
27

Jumat

7
14
21
28

Sabtu
1
8
15
22
29


 
 HES        = 25  hari
15           = Tahun Baru Hijriah 1434 H

 


HES = 26  hari
26             = Idul Adha 1433 H

 


HES         = 24 hari
10           = Tahun Baru Imlek 2563                 
 

HES         = 21 hari
1              = Tahun Baru Masehi 2013
24           = Maulid Nabi Muhammad SAW
 

HES   = 19  hari
25      = Hari Raya Natal
24 Des 2012 – 5 Jan 2013 Libur semester I
 

HES         = 25  hari
 



Juli 2012
Minggu
1
8
15
22
29
Senin
2
9
16
23
30
Selasa
3
10
17
24
31
Rabu
4
11
18
25

Kamis
5
12
19
26

Jumat
6
13
20
27

Sabtu
7
14
21
28


 
Agustus 2012
Minggu

5
12
19
26
Senin

6
13
20
27
Selasa

7
14
21
28
Rabu
1
8
15
22
29
Kamis
2
9
16
23
30
Jumat
3
10
17
24
31
Sabtu
4
11
18
25


 



Januari 2013
Minggu

6
13
20
27
Senin

7
14
21
28
Selasa
1
8
15
22
29
Rabu
2
9
16
23
30
Kamis
3
10
17
24
31
Jumat
4
11
18
25

Sabtu
5
12
19
26


 
Desember  2012
Minggu

2
9
16
23
30
Senin

3
10
17
24
31
Selasa

4
11
18
25

Rabu

5
12
19
26

Kamis

6
13
20
27

Jumat

7
14
21
28

Sabtu
1
8
15
22
29


 

Nopember 2012
Minggu

4
11
18
25
Senin

5
12
19
26
Selasa

6
13
20
27
Rabu

7
14
21
28
Kamis
1
8
15
22
29
Jumat
2
9
16
23
30
Sabtu
3
10
17
24


 

Oktober 2012
Minggu

7
14
21
28
Senin
1
8
15
22
29
Selasa
2
9
16
23
30
Rabu
3
10
17
24
31
Kamis
4
11
18
25

Jumat
5
12
19
26

Sabtu
6
13
20
27


 
Pebruari 2013
Minggu

3
10
17
24
Senin

4
11
18
25
Selasa

5
12
19
26
Rabu

6
13
20
27
Kamis

7
14
21
28
Jumat
1
8
15
22

Sabtu
2
9
16
23


 





Mei 2013
Minggu

5
12
19
26
Senin

6
13
20
27
Selasa

7
14
21
28
Rabu
1
8
15
22
29
Kamis
2
9
16
23
30
Jumat
3
10
17
24
31
Sabtu
4
11
18
25


 
Maret 2013
Minggu

3
10
17
24
31
Senin

4
11
18
25

Selasa

5
12
19
26

Rabu

6
13
20
27

Kamis

7
14
21
28

Jumat
1
8
15
22
29

Sabtu
2
9
16
23
30


 


HES = 26  hari
 


April 2013
Minggu

7
14
21
28
Senin
1
8
15
22
29
Selasa
2
9
16
23
30
Rabu
3
10
17
24

Kamis
4
11
18
25

Jumat
5
12
19
26

Sabtu
6
13
20
27


 

HES         = 24  hari
12           = Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1935
29           = Wafat Isa Almasih
 
HES         = 18  hari
6              =  Isro’ Mi’roj 1434 H
24 Juni  – 13 Juli 2013 = Libur Kenaikan Kelas
 


HES         = 25  hari
9              = Kenaikan Isa Almasih
25           = Hari Raya Waisak 2567
 
















 




































 
  








































































































Juni 2013
Minggu

2
9
16
23
30
Senin

3
10
17
24

Selasa

4
11
18
25

Rabu

5
12
19
26

Kamis

6
13
20
27

Jumat

7
14
21
28

Sabtu
1
8
15
22
29


 
Mata Pelajaran, Muatan Lokal, dan Pengembangan Diri

2.1. Mata Pelajaran

      2.1.1    Pendidikan Agama Islam
                  Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar bertujuan untuk :
1.   Menumbuh kembangkan akodah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan , penghayatan, pengamalan, pembiasaan serta pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Alloh SWT.
2.   Mewujutkan manusia Indonesia berakhlak mulia yaitu manusia yang produktif,  jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi ( tasamuh ) serta menjaga harmoni secara personal dan sosial.
     
2.1.2        Pendidikan Kewarganegaraan
Mata Pelajaran Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2.      Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta anti korupsi
3.      Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lain
4.      Berinteraksi dengan bangsa – bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi

2.1.3        Bahasa Indonesia
Mata pelajaran Bahasa indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Berkomunikasi secara efektif dan efesien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lisan maupun tulisan
2.      Menghargai dan bangga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.      Memahami Bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.      Menggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan  emosional dan sosial
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

2.1.4        Matematika
Mata Pelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antara konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes,  akurat, efesien, dan tepat dalam pemecahan masalah
2.      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3.      Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika , menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4.      Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau msalah
5.      Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan , yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah

2.1.5.      Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran IPA di SD bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan YME berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan atau ciptaan-Nya
2.      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep – konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.      Mengembangkan rasa ingin tahu sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
4.      Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5.      Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
6.      Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.      Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar ntuk melanjutkan pendidikan ke SLTP


2.1.6        Ilmu Pengetahuan Sosial                                                                                
Mata Pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2.      Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan ketrampilan dalam kehidupan sosial
3.      Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai –nilai sosial dan kemanusiaan
4.      Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk ditingkst lokal, nasional dan global

2.1.7        Seni Budaya dan Ketrampilan
Mata Pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan ketrampilan
2.      Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya  dan ketrampilan
3.      Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya dan ketrampilan
4.      Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan ketrampilan dalam tingkat lokal , regional maupun global

2.1.8        Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugarab jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olah raga yang terpilih
2.      Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
3.      Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.      Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan
5.      Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung ajawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6.      Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri orang lain dan lingkungannya
7.      Memahami konsep aktifitas jasmani dan olah raga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil serta memiliki sikap yang positif

2.2. Muatan Lokal
2.2.1    Bahasa Jawa
Mata Pelajaran Bahasa Jawa bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Menghargai dan membanggakan bahasa jawa sebagai bahasa daerah, berkewajiban mengembangkan serta melestarikan
2.      Memahami Bahasa Jawa dari segi bentuk makna dan fungsi serta menggunakannya dengan tepat untuk bermacam-macam tujuan , keperluan dan keadaan, misalnya : di sekolah, di rumah, dimasyarakat dengan baik dan benar
3.      Memiliki kemampuan menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar untuk meningkatkan ketrampilan, kemampuan intelektual ( berfikir kreatif, menggunakan akal sehat, menerapkan kemampuan yang berguna, menggeluti konsep abstrak)  dalam memecahkan masalah, kematangan emosional dan sosial.
4.      Bersikap lebih positif dalam tata kehidupan sehari-hari dalam lingkungannya

2.2.2        Bahasa Inggris
Mata Pelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
Kelas 1, 2, dan 3
1.   Memiliki keterampilan mendengar, menyimak, berbicara, menulis dan membaca dalam pola sederhana sesuai tingkat usia  dengan jumlah penguasaan  kosa kata lebih kurang 300 kata yang berkesinambungan dan bertambah pada jenjang kelas yang lebih tinggi
            Kelas 4,  5,  dan 6
1.      Memiliki metrampilan mendengar, menyimak, berbicara, menulis  dan membaca dalam pola yang lebih komplek sesuai tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosa kata lebih dari 500 kata yang berkesinambungan dan bertambah pada jenjang pendidikan di atasnya.

2.2.3.      Komputer
Mata Pelajaran komputer bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Memahami alat teknologi informasi, komunikasi secara umum termasuk komputer dan memahami informasi
2.      Menyadari keunggulan dan keterbatasan komputer serta dapat menggunakan komputer secara optimal
3.      Memahami bagaimana dan dimana informasi dapat diperoleh , bagaimana cara mengemas / mengolah informasi dan bagaimana cara mengkomunikasikannya

 
2.3. Kegiatan Pengembangan Diri
      Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengespresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik  yang dikemas dalam bentuk :
2.3.1        Kegiatan Ekstra Kurikuler
1.      Kewiraan
·            Pramuka
2.      Olah Raga
·         Sepak Bola
·         Volly Ball
·         Atletik
·         Renang
3.      Seni
·         Seni Baca Puisi
·         Seni Theatre
·         Seni Lukis
·         Seni Tari
4.      U K S
·         Tiwisada / dokter kecil
2.3.2        Layanan Konseling
Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan :
1.      Masalah diri Pribadi
2.      Kehidupan sosial
3.      Kesulitan belajar
4.      Pengembangan karir peserta didik
Yang bertujuan untuk pengenalan diri dan menemukan pemecahan guna mengembangkan kemampuan seoptimal mungkin
2.3.3.      Kegiatan Pembiasaan
Pembiasaan merupakan proses pembentukan akhlak, tingkah laku dan budi pekerti melalui penanaman dan pengamalan nilai-nilai agama, etika , sopan santun dan nilai – nilai moral lainnya yang hidup dan berkembang dilingkungan peserta didik.
Adapun kegiatan pembiasaan dimaksud misalnya :
1.      Membiasakan cium tangan terhadap orang tua dan guru
2.      Membiasakan mengucap salam
3.      Membaca surat Yasin sebelum pelajaran dimulai
4.      Menjaga kebersihan pribadi, pakaian dan lingkungan
5.      Mengunjungi dan membaca buku di perpustakaan
6.      Sholat berjamaah dan membiasakan sholat sunat
7.      Memperingati hari besar Agama dan Nasional
8.      Penerapan sopan santun dalam pergaulan
9.      Menghargai hasil karya orang lain dan Hak Asasi Manusia
10.  Membiasakan budaya antri
11.  dll.